Hindari Tabrakan, Truk Tangki Gas Elpiji Terguling di Boyolali

Boyolali – Kecelakaan lalu-lintas terjadi di ruas jalan Solo – Semarang, tepatnya di pertigaan Wika, Dukuh Rejosari, Mojosongo, Boyolali, Kamis (8/11/2012) sore. Truk tangki pengangkut gas elpiji terguling saat berusaha menghindari truk yang memotong jalan. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun arus lalu-lintas Solo – Semarang sempat macet beberapa waktu karena truk terguling melintang menutupi badan jalan dari arah Semarang.

Truk karoseri tangki LPG

Truk karoseri tangki LPG

Kecelakaan bermula ketika truk tangki bernomor polisi AD 1384 MD, yang dikemudikan Sugiyanto (43 tahun) warga Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, melaju dari arah Semarang menuju arah Solo. Truk mengangkut 21.000 kg gas elpiji yang hendak dibawa ke SPBBE di Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Sesampai di lokasi kejadian ada truk yang hendak berbelok arah. Truk yang dikemudikan Andri, warga Klaten itu, semula melaju dari arah timur, lalu hendak berbelok arah di bukaan median jalan. Sugiyanto kemudian berusaha mengerem dan membanting setir ke kanan untuk menghindari tabrakan. Ternyata dari arah timur atau Solo ada kendaraan lain yang melintas. Dia langsung banting setir ke kiri dan akhirnya terguling.

Sebelum terguling, tangki truk sempat menghantam median jalan. Tangki itu juga menghantam tiang lampu penerangan jalan umum. Akibatnya, tangki dengan kepala truk pun terlepas. Kepala truk berhenti menabrak pohon mangga. Kaca depan truk pecah. Sedangkan truk yang berbelok arah, sempat terkena tiang lampu penerangan jalan yang ambruk.

“Kemungkinan truk tangki melaju dengan kecepatan cukup tinggi. Hal ini dilihat dari tanda-tanda bekas pengereman di lokasi kejadian. Namun kami masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti dari kecelakaan itu,” ujar Kasat Lantas Polres Boyolali AKP Sugino di lokasi kejadian.

Meskipun tidak ada korban jiwa maupun luka, namun tak urung kejadian itu membuat arus lalu-lintas di jalur utama Solo – Semarang tersebut menjadi tersendat. Pasalnya, truk tangki terguling menutup ruas jalan dari arah Semarang menuju Solo. Kemacetan dari dua arah sempat mencapai sekitar 2 km.

Untuk mengurai kemacetan, kendaraan yang dari arah barat (Semarang) dialihkan ke lajur selatan. Jalur yang dari arah Solo itu dijadikan dua arah. Selain itu, untuk sepeda motor dialihkan melalui jalan kampung. Polisi juga memasang garis polisi dan meminta warga untuk tidak mendekat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena truk tangki yang terguling itu bermuatan gas elpiji seberat 21.000 kg.

Sumber : http://news.detik.com/read/2012/11/08/183447/2086428/10/hindari-tabrakan-truk-tangki-gas-elpiji-terguling-di-boyolali

About these ads

About karoseriwingbox

Melayani penjualan dan menerima order pembuatan karoseri truk untuk semua merk truk. Hubungi kami 0812 9490 1992 BBM: 330225D3
This entry was posted in Berita Online and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s